SEKILAS “MA’HAD AR RIFA”
LEBAGOWAH LEBAKSIU TEGAL

A.      Sejarah Singkat Berdirinya Pondok Pesantren Ma’had Ar Rifa

Kabupaten Tegal merupakan salah satu kabupaten yang memiliki jumlah pondok pesantren yang banyak. Salah satu tempat yang paling banyak “mencetak’” santriwan  dan santriwati tiap tahunnya adalah Dukuh Babakan, Jati Mulya, Lebaksiu. Keberadaan pondok pesantren yang berkembang pesat di lingkungan Babakan merupakan daya tarik tersendiri bagi pelajar dan juga orang tua. Tidak sedikit siswa dan orang tua siswa yang memperioritaskan Babakan sebagai tempat tujuan belajar. Selain para siswa bisa belajar di pendidikan formal, mereka juga  bisa mendalami ilmu agama di pondok pesantren.

Salah satu pondok pesantren yang ada di Babakan adalah Ma’had Ar Rifa yang beralamat di jalan Merapi, Desa Lebagowah Kecamatan Lebaksiu (Depan MTs N 1 Tegal ). Keberadaan Ma’had Ar Rifa Tegal  tidak terlepas dari keberadaan Pondok Pesantren Ma'hadut Thalabah Babakan yang lebih dahulu  didirikan secara resmi pada tahun 1916 M / 1336 H oleh KH. Mufti bin Salim bin Abdur Rahman, seorang ulama yang memperisteri anak K.H. Sulaiman yang bernama Nyai Hj. Fatimah.  Kepengurusan pondok ini periode pertama  pada tahun 1916-1935 diasuh Oleh KH. Mufti bin salim (Pendiri), dibantu oleh KH. Sulaiman ( Mertua ), KH. Abdurrohim ( Ipar ), KH. Anwar ( Ipar ) dan Nyai. Hj Fatimah ( Istri )

Seiring berjalannya waktu, perkembangan lembaga pendidikan formal di lingkungan Dukuh Babakan Desa Jati Mulya Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal berkembang begitu pesat, diantaranya  MTs Mahadut Tholabah, MA Mahadut Tholabah, MTs N 1 Tegal, MAN 1 Tegal, MI Babakan Lebaksiu Tegal,  dan SMK Al Fajar. Bukti bahwa pendidikan formal yang berada di lingkungan Babakan berkembang dengan pesat adalah dengan melihat jumlah siswa yang mencapai angka 4.000 siswa yang belajar di Mardrasah di lingkungan Babakan.

Tidak hanya pendidikan formal, pondok pesantren pun mengalami perkembangan yang pesat. Selain Pondok pesantren Mahadut Tholabah berdiri pula pondok pesantren lainnya diantaranya; Pondok Pesantren Darul Khaer yang didirikan Oleh K. H. Zaeni Dahlan, Kemudian Pondok Pesantren Ar Rizqi yang didirikan oleh K.H . Mubasyir Dahlan, Pondok Pesantren Al Fajar yang didirikan Oleh K.H. Fatkhudin, Pondok Pesantren Al Fatkhu yang didirikan oleh K.H. Fatkhurozi, Pondok Pesantren Pancasila Sakti yang didirikan oleh H. Ali Nubhan dan Ma’had Ar Rifa yang didirikan oleh Ustd. Masruri.S.Pd

Ustd. Masruri,S.Pd  pendiri Ma’had Ar Rifa ini merupakan putra ketiga, dari pasangan H. Mahmud dengan Hj. Matoyah. Cucu dari Hj. Ma’nah Rodiyah, dan  buyut dari K.H. Anwar yang merupakan saudara Ipar dari K.H. Mufti bin Salim ( Pendiri Pondok Pesantren Mahadut Thalabah ). Ibarat sebuah pepatah yang mengatakan buah jatuh tak jauh dari pohonnya, mungkin mewarisi semangat tholabul ‘ilmi dari K.H. Anwar semua anak dari pasangan H. Mahmud dengan Hj. Matoyah mengabdikan diri di bidang pendidikan dan juga pengelola Asrama ataupun pondok pesantren. Adapun  keempat anak itu yaitu Hj. Kholisoh, S.Ag, Nurkholis,S.Ag, Masruri, S.Pd, dan H. Ahmad Toha Sc.

 Hj. Kholisoh merupakan suami dari H. Drs. Amari Ma’ruf, M.Pd yang merupakan Pengelola UT.UPJJ Purwokerto Pokjar Lebaksiu dan juga Wakil Kepala bagian Kurikulum MAN 1 Tegal, keduanya juga pengasuh Pondok Pesantren  Darun Najah Al Amr Babakan Lebaksiu. Ustd. Nurkholis, S.Ag menikah dengan  Nahwiyati,S.Pd (Putri dari K,H. Khaerudin Pagerbarang)  di samping Pengajar di MAM babakan Lebaksiu Tegal juga Pengelola dan Pengasuh Pondok Pesantren Al Mahmudah Babakan Lebaksiu Tegal. H.Ahmad Toha aktif mengajar di MAM Babakan Lebaksiu Tegal menikah dengan Hj. Triyanti Putri H.Mufrodi Nur Pendiri Masjid An Nur  Kesuben Lebaksiu Tegal. Ustd. Masruri. S.Pd menikah dengan  Tuti Fitriyawati Putri ke 3 dari  K.H. Ali Daryono dengan Hj. Roisah,  selain sebagai tokoh masyarakat di desa Lebakgowah  K.H. Ali Daryono pernah menjabat  Kepala Madrasah Tsanawiyah di lingkungan Kementrian Agama Kabupaten Tegal.

Ma’had Ar Rifa didirikan pada tanggal 15 Januari 2008 Dalam pengelolaan Ma’had Ar Rifa, Ustd. Masruri dibantu Oleh Drs, H. Amari Ma’ruf, M.Pd. sebagai Dewan Penasihat. H. Najib Asror Sebagai Pengawas, Ustadz Dani Zakaria Alkhafid dan Ustadz Ma’mun Alkhafid sebagai Penanggung jawab kegiatan Tahfid Qur’an dan Ustadz Nurkholis sebagai pengajar Kajian Kitab, dan Ustdzah Tuti Fitriyawati sebagai Pengelola Bimbingan Belajar, serta ada dua orang Staf Pengajar yaitu Ustadz Muamar dari Pesarean Talang Tegal dan Ustdzah Koriah dari Babakan Lebaksiu Tegal.

Dalam ilmu agama Ma’had Ar Rifa mengajarkan kajian kitab serta Tahfid Quran. Hampir setiap tahun lahir Hafidzul Quran dari Ma’had Ar Rifa. Program kajian kitab dimaksudkan untuk membekali santri agar bisa hidup sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW.  Sedangkan program Tahfidz mencetak generasi Qurani yang menjadikan Al quran sebagai pegangan hidup. Mayoritas santri mampu menghafal 5 Juz ketika wisuda Khatmil Quran.

Eksistensi dan peran pondok pesantren merupakan jawaban bagi setiap tantangan zaman. Apalagi jika pondok pesantren itu diajarkan pembelajaran multi media dan bahasa asing tentu ini adalah "paket komplit”. Selain diajarkan ilmu agama, siswa juga mempelajari bahasa Inggris, mendapatkan bimbingan belajar dengan metode multimedia.

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional pertama, sehingga penguasaan bahasa inggris merupakan hal yang sangat esensi bagi siswa. Untuk memaksimalkan pembelajaran dalam pembelajaran bahasa Inggris Ma’had Ar Rifa bekerja sama dengan lembaga kursus bahasa asing dari Pare, Kediri yang notabenenya dipercaya sebagai “kampung Inggris”.

Untuk menjawab tantangan pemerintah dalam mempersiapkan memasuki revolusi industri 4.0 dimana kecepatan arus informasi merupakan tolak ukurnya, Ma’had Ar Rifa memfasilitasi pembelajaran multi media dengan menyediakan Laboratorium Komputer yang terhubung dengan internet. Dengan penerapan metode multi media bimbingan belajar di Ma’had Ar Rifa bukanlah hal yang membosankan justru menyenangkan bagi santri.

Ma’had Ar Rifa juga memfasilitasi santri dengan fasilitas olahraga. Fasilitas olahraga yang saat ini sedang digandrungi oleh anak sekolah adalah futsal. Ma’had Ar Rifa mempunyai lapangan futsal yang bernama “ABA FUTSAL” yang jaraknya hanya beberapa meter dari asrama.  Selain itu, Ma’had Ar Rifa juga merupakan pondok pesantren yang memiliki jarak terdekat dengan MTs N 1 Tegal.

Untuk meningkatkan kualitas pendidik maka dewan pengelola juga pengajar terus melakukan upgrading ilmu agama dan ilmu-ilmu lain yang menunjang proses pembelajaran. Selain itu, berbagai jenis pendidikan untuk menguatkan karakter ahlusunnah wal jamah juga diikuti, seperti PKD dan PKP NU. 
Trimakasih Telah Berkunjung di Blog Kami Semoga Bermanfaat

Popular Posts

Follow by Email